KETIKA RAHASIA TIDAK LAGI MENJADI SEBUAH RAHASIA

Kali ini Indra pengen nulis dan share pandangan Indra tentang RAHASIA. Yah, sepertinya di jaman sekarang RAHASIA tidak lagi menjadi RAHASIA. Berikut definisi Rahasia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

Rahasia : sesuatu yg sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain: ia mencoba mengorek — temannya, tetapi tidak berhasil; 2 n sesuatu yg belum dapat atau sukar diketahui dan dipahami orang: — alam; 3 n sesuatu yg tersembunyi: pintu –; 4 n cara yang setepat-tepatnya (biasanya tersembunyi atau sukar diketahui); kiat: dl buku itu diterangkan — bermain sulap; 5 n sesuatu yang dipercayakan kepada seseorang agar tidak diceritakan kepada orang lain yang tidak berwenang mengetahuinya; 6 a secara diam (sembunyi-sembunyi); tidak secara terang-terangan (tt perkumpulan): gerakan –;

Yah, seperti teman-teman ketahui beberapa waktu yang lalu terjadi kehebohan ketika sebuah situs whistleblower (artinya apaan yah, da yang tahu gak? Masa Indra mau terjemahin jadi peniup peluit? Prrrrriiiiiittttt….!!!! Hehehehehe!) bernama WikiLeaks yang nyebarin beberapa kawat diplomatik yang bersifat rahasia ke publik. Terang aja negara-negara yang disebut langsung kalang kabut pas publik baca tuh berita. Bahkan Amerika Serikat pun sampai bikin aturan tegas yang melarang warganya untuk membuka situs tersebut. Kalo sampai ketahuan, hak-haknya sebagai warga negara bakalan dicabut dah. Weleh weleh….sampai segitunya. Dan berkat bocoran kawat diplomatik tersebut, pemilik situs tersebut sukses menjadi The Most Wanted Person sampai-sampai dia harus hidup berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain (iiihhh…kayak manusia prasejarah dunk…hihihi!).

Itu hanya sedikit ilustrasi aja efek dari pengungkapan suatu rahasia. Kalau rahasia yang diungkap itu bagus, misalnya mengungkap rahasia bagaimana cara kerja otak manusia, tentu orang yang menyebarkannya akan mendapatkan pujian dan penghargaan atas usahanya. Nah, kalau rahasia yang diungkap itu buruk, dan memang umumnya sesuatu yang bersifat rahasia itu buruk, maka pengungkapnya juga akan mendapatkan penghargaan atas perbuatannya. Misalnya, dibunuh, diracun, dikejar-kejar sampai tertangkap, dipenjara dan sebagainya. Kalau yang dialami si pemilik situs yang Indra ceritakan diatas tadi, dia malah dapet berbagai macam pujian dan penghargaan yang Indra rasa belom pantas dia dapatkan karena menurut Indra hal yang dilakukannya udah merusak tatanan kehidupan. Lagipula, ada beberapa hal yang gak penting banget untuk diungkapkan.

Rahasia adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Setiap orang pasti memiliki rahasia dalam hidupnya. Setiap manusia juga punya hak untuk menyimpan atau mengungkapkan rahasianya. Tidak ada satu manusiapun yang berhak mengungkapkan rahasia yang dipercayakan kepadanya kepada orang lain. Terlebih lagi jika dia mengetahuinya dengan cara yang tidak benar. Sebenarnya, apakah yang hendak dicapai oleh orang yang mengungkapkan rahasia milik orang atau negara lain? Kepuasan pribadi? Hak untuk mengungkapkan pendapat? Hak untuk berbicara?
Ya, setiap manusia dilahirkan dengan membawa keistimewaan yang disebut dengan HAK dan KEWAJIBAN untuk menggunakan hak tersebut dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan porsi dan waktu. Namun yang terjadi, kita selalu menggunakan hak kita dengan sembarangan, tidak mengindahkan hak orang lain. Hal ini tentu saja akan menyebabkan ketidakseimbangan hidup. Nah, apakah itu yang teman-teman inginkan?

Well, segini aja tulisan Indra tentang RAHASIA. Semoga bisa menjadi bahan renungan buat teman-teman semua.

 

Salam,

 

Indra Pradana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s