Becoming Professional Sales

Kali ini Indra pengen share tentang SALES. Mengapa Indra pilih judul ini? Well, disamping ini berkaitan dengan bisnis yang Indra jalankan yaitu ORIFLAME, Indra juga ingin teman-teman yang bekerja sebagai SPB/SPG bisa mengambil ilmu dari ilmu yang pernah Indra peroleh beberapa hari yang lalu. Yak, tanpa basa-basi inilah dia!

Menjadi seorang SALES tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita pasti akan banyak mengalami yang namanya penolakan. Nah, bagaimana kita sebagai seorang SALES PROFESIONAL menghadapinya? Bagaimana supaya pelanggan yang kita tawari produk kita membeli produk kita dan melakukan repeat order? Hal yang sebaiknya kita lakukan adalah :

  • MENDENGARKAN

Tuhan memberi kita satu mulut dan dua telinga adalah untuk membuat kita lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Coba deh kalo dibalik, ruwet tho? Hehehehe! Nah, dengarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Catat dalam sebuah buku kecil. Cukup poin-poinnya saja untuk memudahkan kita membantu pelanggan kita.

  • CIPTAKAN SOLUSI

Dari poin-poin yang kita dapatkan berdasarkan informasi yang kita peroleh dari pelanggan, buat beberapa alternatif solusi yang bisa kita tawarkan. Berikan keuntungan dari setiap solusi yang kita tawarkan. Biarkan pelanggan yang memilih solusi yang kita tawarkan, jika perlu pandu dan bantu mereka untuk memutuskan.

  • AFTER-SALES SERVICE

Setelah pelanggan memutuskan membeli produk yang kita tawarkan sebaiknya tidak kita lupakan begitu saja. Hubungi mereka beberapa hari kemudian, tanyakan bagaimana produk yang telah mereka beli. Jika produk yang kita jual adalah jasa, berikan pelayanan terbaik yang bisa kita berikan. Informasikan jika ada promo atau program yang kita laksanakan. Jika barang yang kita tawarkan adalah barang yang sifatnya repetitif (pemakaiannya berulang), kirimkan katalog produk kita secara berkelanjutan. Berikan info jika ada produk yang diskon.

Dengan melakukan tiga hal tersebut, insya Allah teman-teman akan mendapatkan repeat order dari pelanggan teman-teman.  Selain itu, teman-teman juga perlu mempersiapkan diri teman-teman. Nah, apa saja kah yang perlu disiapkan?

  • IMAGE YANG INGIN KITA TAMPILKAN

Apakah itu professional, casual, smart, smart-casual atau professional-casual, berikan image yang baik untuk pelanggan teman-teman. Ingat, first impression adalah hal yang penting karena itu akan menentukan kelanjutan hubungan teman-teman dengan pelanggan. Seandainya teman-teman didatengin seorang sales dengan penampilan yang sekedarnya, pake celana pendek, sandal jepit-an, pake kaos biasa, akankah teman-teman mendengarkan presentasinya? Kecuali teman-teman Bob Sadino, dijamin gak ada yang mau dengerin presentasi yang teman-teman lakukan.

Upgrade penampilan teman-teman. Rapikan rambut, cambang dan kuku. Tidak tahu bagaimana berbusana yang layak? Pinjem aja majalah fashion punya teman atau browsing di situs-situs majalah mode.

  • SIAPKAN TUJUAN YANG HENDAK KITA CAPAI

Apakah kita ingin meningkatkan omzet? Apakah kita ingin mendapatkan pelanggan baru? Apakah kita ingin mengembangkan jaringan kita? Apapun tujuan yang ingin kita capai, persiapkanlah. Dengan mempersiapkan tujuan kita, kita bisa merancang strategi untuk meraihnya dan fokus kita tidak berubah.

  • BENTUK PERCAYA DIRI

Tunjukkan rasa percaya diri teman-teman, baik secara verbal maupun non-verbal. Bertutur kata yang sopan, jelas dan tegas. Tegakkan punggung dan bahu serta busungkan dada. Dengan menunjukkan rasa percaya diri yang kita bentuk, tentu saja pelanggan akan tertarik dan nyaman saat bersama teman-teman.

  • BUAT SEOLAH-OLAH ADALAH PERTAMA KALINYA

Bagaimana perasaan teman-teman saat melakukan sesuatu pertama kali? Deg-degan? Bersemangat? Nervous? Ya, lakukan setiap hal layaknya itu adalah hal yang pertama kalinya kita lakukan. Kita pasti akan melakukan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan. Berpenampilan rapi dan menarik, menyiapkan segala hal yang membuat pelanggan nyaman, menyiapkan hadiah-hadiah kecil dan lain-lain. Itu sebagian yang pastinya akan kita lakukan pada saat kita akan melakukan presentasi bisnis pertama kalinya.

Nah, itulah sebagian yang bisa Indra share-kan kepada teman-teman semua. Pada kesempatan berikutnya Indra akan share hal-hal lain yang menarik. Tunggu yak!

 

Salam,

 

Indra Pradana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s