BASIC SKINCARE FOR EVERYONE

Halo teman-teman! Pa kabarnya neh? Kali ini Indra pengen share tentang dasar-dasar merawat aset kita, yaitu wajah kita. Yuk, kita belajar bareng-bareng.

Penampang kulit manusia

  

Gambar diatas adalah penampang kulit kita. Ketebalan kulit untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung gender, kondisi lingkungan dan iklim tempat kita tinggal. Kulit pria cenderung lebih tebal daripada kulit wanita, so biasanya produk-produk perawatan untuk pria sangat spesifik, baik dari kandungan bahan aktif maupun formulasinya.

Jenis-jenis kulit

  • Kulit normal

Kondisinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak, pori-pori tidak terlalu besar bahkan bisa dibilang kecil, wajah selalu terlihat bersih dan segar, jarang berjerawat. Jenis kulit yang sangat jarang ditemui. Jarang sekali bermasalah.

  • Kulit kombinasi

Berminyak di daerah T-zone (dahi, hidung dan dagu) serta kering di daerah pipi, di siang hari daerah T-zone terlihat mengkilap karena produksi minyak berlebih. Wanita umumnya memiliki jenis kulit ini.

  • Kulit berminyak

Tekstur kulit terlihat tebal dan kasar, pori-pori besar dan terlihat jelas, di siang hari wajah terlihat mengkilap karena produksi minyak yang berlebih. Hebatnya, pemilik kulit berminyak tidak mudah keriput dan akan tetap terlihat luar biasa sampai tua.

  • Kulit sensitive

Jenis kulit yang sangat reaktif, baik terhadap perubahan suhu, jenis make up dan perawatan, reaksi yang umum terjadi adalah gatal dan kulit terbakar, di siang hari kulit terlihat kering dan kemerahan.

  • Kulit kering

Tekstur kulit tipis dan seperti kertas, pori-pori kecil, terlihat tidak mulus dan kemerahan, tidak pernah berjerawat, di siang hari muncul kulit yang mengering seperti serpihan putih tipis.

Perawatan setiap jenis kulit

  • Kulit normal

Pilih pembersih yang mengandung sabun, kemudian pijat dengan toner. Aplikasikan pelembab yang ringan. Rekomendasi : Pure Nature Hazelnut&Goji Berry, Essential Revitalising Face Cream

  • Kulit kombinasi

Pilih pembersih yang mengandung sabun dengan pH balance. Untuk pelembab, pilih yang bisa mengurangi kadar minyak dan menambah kadar air. Fokuskan pemakaian pelembab pada area yang kering. Rekomendasi : Grape Antioxidant, Essentials Balancing Face Cream

  • Kulit berminyak

Pilih pembersih yang mengandung sabun (bisa dibilas dengan air). Untuk penyegar pilih yang mengandung bahan aktif untuk mengurangi minyak. Untuk pelembab pilih yang berbahan dasar air dan bertekstur ringan (lotion). Rekomendasi : Tea Tree, Pure Skin

  • Kulit sensitive

Pilih pembersih yang bukan sabun, pilih lotion pembersih hypoallergenic. Gunakan pelembab untuk menguatkan kulit dan sebagai pelindung terhadap iritasi. Pilih pelembab yang tidak mengandung pewangi. Rekomendasi : Pure Nature Blueberry, Optimals Nutri Calm, Essential Soothing Face Crea,.

  • Kulit kering

Pilih pembersih yang bertekstur creamy untuk menghilangkan kotoran, diamkan beberapa saat sebelum membersihkan dengan kapas. Aplikasikan penyegar untuk memberikan rasa segar dan dingin. Sering-sering menggunakan pelembab dalam bentuk cream untuk melembabkan. Rekomendasi : Optimals, Oriflame Essentials, Optimals Bio Maximum, Pure Nature Hazelnut&Goji Berry, Aqua Rhytm Intense, Essentials Soothing Face Cream

 

3 Langkah mudah untuk wajah menarik dan bersih

  1. Pembersihan

Membersihkan adalah poin yang paling penting. Jangan pernah pergi tidur tanpa membersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Saat tidur kulit akan melakukan penyerapan. Bayangkan jika yang diserapnya adalah debu dan sisa-sisa bahan kimia dari kosmetika Anda, keindahannya pasti berkurang. Untuk itu, biasakanlah untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Lakukan dengan lembut dan mengarah ke luar dan ke atas. Tujuannya untuk mengeluarkan kotoran, mengurangi komedo dan mencegah keriput dan kulit kendor.

  1. Penyegaran

Setelah dibersihkan, wajah juga perlu disegarkan. Tepuk-tepuk ringan wajah dengan kapas yang sudah diberi penyegar. Fungsinya untuk menutup pori-pori yang terbuka pada saat membersihkan wajah.

  1. Pelembaban

Aplikasikan pelembab pada lima titik di wajah (dahi, pipi, hidung dan dagu) dan juga leher. Pijat lembut dengan gerakan memutar kearah luar dan ke atas. Tujuannya supaya kulit tidak cepat kendor dan berkeriput.

 

Perawatan ekstra

Untuk perawatan ekstra seperti masker dan scrub, lakukan 1 minggu sekali. Bersihkan wajah terlebih dahulu baru aplikasikan scrub dan/atau masker. Diamkan selama ±10 menit lalu bilas. Bersihkan sekali lagi dengan pembersih untuk menghlangkan sisa-sisa scrub, masker dan kotoran, baru aplikasikan penyegar dan pelembab. Untuk kulit sensitive hindari penggunaan scrub karena hanya akan membuat kulit semakin tipis dan rentan.

Yak, inilah yang bisa Indra share-kan tentang dasar-dasar perawatan kulit kita. Cukup luangkan waktu 5-10 menit saja 2 kali sehari dijamin teman-teman bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bercahaya.

Untuk pertanyaan dan konsultasi bisa langsung lewat komen atau via email di pradana.indra23@gmail.com

13 comments on “BASIC SKINCARE FOR EVERYONE

  1. Pingback: Tampil Keren ala Indra « HOUSE OF INDRA

  2. mas aku mau tanya dong, apakah klo muka berjerawat itu pasti kulit berminyak? kalau kulit kita termasuk tipe kombinasi apakah mungkin jerawatnya di pipi?
    lalu kira2 bagaimana solusinya karena kulit saya kombinasi
    thanks

    • Umumunya jerawat memang menjadi masalah klasik pemilik kulit berminyak. Tidak menutup kemungkinan jenis kulit yang lain juga mengalami jerawat. Indra juga pemilik kulit kombinasi dan jerawat bisa muncul dimana saja di wajah Indra, dan memang lebih sering di pipi ketimbang daerah lain. Untuk solusinya, gunakan produk perawatan untuk kulit kombinasi (Indra rekomendasikan rangkaian Grape Antioxidant atau rangkaian Pure Skin atau bisa juga dikombinasikan antara keduanya). Untuk pembersih dan pelembab bisa pake dari rangkaian Grape Antioxidant, untuk membantu mengatasi jerawatnya bisa pake Pure Skin Hide&Treat Cream.

      Demikian penjelasan dari Indra, semoga bisa membantu ^_^

      Salam,

      Indra Pradana

  3. mas saya pria berumur 20 tahun,nah saya ingin bertanya nih masalah wajah saya yang di daerah pipi dahi kening hidung pori2nya besar banget dan selalu berminyak,saya bingung perawatan yang cocok untuk kulit saya itu harus bagaimana dan produk apa yang harus di anjurkan mas,supaya tidak berminyak lagi dan bisa mengecilkan pori2 di wajah saya .
    thx

    • Selamat pagi Mas Yusuf. Indra coba bantu jawab yah :
      Berdasarkan deskripsi yang mas Yusuf berikan, jenis kulit mas Yusuf adalah berminya, jadi perawatan yang disarankan adalah perawatan untuk kulit berminyak. Untuk perawatan harian, mas Yusuf bisa menggunakan rangkaian Pure Skin, yaitu Pure Skin Face Wash, Pure Skin Face Toner dan Essential Fariness Lotion/Pure NatureOrganic Tea Tree&Rosemary Face Cream/North for Men Fairness Lotion. Untuk perawatan khusus bisa menggunakan Pure Skin Blackhead Clearing Mask (dipakai 1-2x per minggu).

      Demikian penjelasan dari Indra. Semoga bisa membantu^_^

      Salam,

      Indra Pradana

  4. Untuk contoh produk mas Yusuf bisa lihat di http://id.oriflame.com dan ketik Pure Skin di bagian search atau pilih menu Skincare dan pilih brand Pure Skin, nanti mas Yusuf bisa lihat produk, deskripsi dan harganya sekalian^_^.

    Untuk produk yang sebaiknya dipakai bisa pake rangkaian Pure Skin yang Indra sarankan di komen sebelumnya karena formulanya sesuai dengan kondisi kulit yang mas Yusuf miliki.

    Semoga membantu ^_^

    Salam,
    Indra Pradana

  5. oh tapi mas pure skin blackhead clearing mask kq gg ada …….?
    trus apakah itu cocok untuk saya mas ?
    saya kan cowo mas .

  6. Ada kok mas, itu produknya masih baru bulan kemaren muncul, coba dicek lagi mungkin terselip ^_^

    Semua produk perawatan kulit Oriflame cocok untuk semua gender mas, tinggal disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulitnya.

    Salam,

    Indra Pradana

  7. Untuk pembelian produk bisa Indra bantu mas. Mas Yusuf bisa ikuti cara pemesanannya di menu Order Produk di bagian atas blog ini. Cukup sms-kan nama_alamat pengiriman lengkap_kode&jumlah produk ke no yang sudah Indra cantumkan. Selanjutnya Indra akan konfirmasikan ketersediaan,total pembayaran yang harus ditransfer dan ongkir ke mas Yusuf.

    Salam,

    Indra Pradana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s