Jerawat Oh Jerawat

Temen-temen pasti udah pada akrab ma yang namanya jerawat. Pria, wanita, tua, muda pasti udah pernah deh ngalamin yang namanya jerawat. Nah, berhubung Indra lagi ngalamin hal yang sama (hiks!) Indra maw share segala hal tentang jerawat, mulai dari penyebab sampai dengan penanganan dan perawatannya.

PENYEBAB JERAWAT

Jerawat adalah suatu keadaan yang diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Umumnya jerawat diderita oleh temen-temen pemilik kulit berminyak, walau gak jarang kulit jenis lain juga mengalaminya. Jerawat bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  • Produksi minyak berlebih : seperti yang Indra sebutin tadi, jerawat umumnya diderita oleh temen-temen pemilik kulit berminyak. Kalo kelenjar minyak di kulit terlalu aktif (mengalami gangguan), minyak yang dihasilkan jadi terlalu banyak dan menyumbat saluran folikel rambut dan pori-pori. Nah, kalo ini udah berkolaborasi dengan hormon, minyak dan bakteri maka hasilnya adalah JE-RA-WAT.
  • Sel kulit mati yang menumpuk : sel kulit mati yang bercampur dengan minyak yang berlebih bisa juga menyumbat pori-pori yang bisa membentuk komedo (hitam atau putih). Kalo udah terlalu banyak bisa juga menyebabkan jerawat. Hal ini yang menyebabkan mengapa jerawat bisa tumbuh di punggung, dada, lengan atas dan yang terbaru neh, pantat! (temen Indra ada yang ngalamin baru-baru ini. Gak kebayang deh nyerinya, hehehehehe!)
  • Bakteri : temen-temen harus sadar neh, makhluk yang super duper imut ini selalu ada dimana saja mengikuti kita terus-terusan. Nah, kalo gak hati-hati neh bakteri juga bisa lho menyebabkan jerawat. Bakteri ini hidup di kelenjar sebaceous yang tersumbat dan menghasilkan zat-zat yang dapat menimbulkan iritasi. Nah, jerawat kan biasanya bikin gatel tuh dan secara gak sadar kita akan menggaruknya. Voila! infeksi pun langsung menyebar ke seluruh kulit wajah. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat batu, jerawat yang paling parah dan penanganannya kudu ekstra.
  • Kosmetik dan obat-obatan tertentu : nah, buat para cewek neh yang suka dandan. Kudu hati-hati dengan kosmetik tertentu, terutama yang mengandung minyak. Hal ini bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori karena jumlah minyak yang berlebih di wajah, apalagi kalo gak segera dibersihkan. Wah, jerawat langsung nongol deh. Kemudian obat jenis kortikosteroid (hormon yang merupakan senyawa regulator seluruh sistem homeostatis tubuh organisme agar dapat bertahan terhadap perubahan lingkungan mapun infeksi), baik yang diminum atau dioles juga bisa menyebabkan jerawat karena dapat menyebabkan turunnya kekebalan tubuh. Beberapa pengguna kontrasepsi juga kadang mengalami jerawat.

JENIS-JENIS JERAWAT

Secara umum, ada tiga jenis jerawat yang diketahui, yaitu :

  1. Komedo : sumbatan pada pori-pori, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan warnanya hitam. Kalo yang tertutup (whitehead), berupa kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan warna putih. Whitehead lebih mudah dibersihkan atau dihilangkan karena letaknya di permukaan kulit. Kalo yang blackhead bener-bener harus ekstra karena letaknya ada di dalam pori-pori.
  2. Jerawat biasa : jerawat jenis ini mudah dikenali karena wujudnya yang berupa tonjolan berwarna kemerahan di permukaan kulit. Jerawat jenis ini timbul karena adanya infeksi bakteri pada pori-pori yang tersumbat. Bakteri yang ada bisa muncul dari washlap, jari tangan, kuas make up dan telepon. Bisa makin parah kalo udah stress, sekresi hormon dan lingkungan yang lembab.
  3. Jerawat batu : jerawat yang berukuran besar, terkumpul di seluruh wajah dengan peradangan yang hebat. Secara genetik, penderita jerawat batu memiliki : kelenjar minyak yang sangat aktif, pertumbuhan sel kulit yang tidak normal danmemilki respon yang berlebih terhadap peradangan. Temen Indra ada yang pernah ngalamin ini sejak dari SMP. Untungnya pas kuliah en kenal Indra yang kemudian Indra kenalin ma produk Indra, sekarang udah agak mendingan. Walaupun kadang masih jerawatan, gak separah yang dulu.

FACT OR MYTH ?

Banyak mitos yang beredar tentang jerawat. Nah, ini ada tiga mitos yang banyak diketahui dan dipercaya oleh masyarakat :

  • Kacang, coklat dan makanan berlemak bisa menyebabkan jerawat -> MITOS : Udah sering denger kan tentang hal ini? Ternyata itu gak ada hubungannya ma jerawat lho. Sering kok ortu Indra bilang kalo pas Indra ato adik-adik Indra ada yang jerawatan malah suruh makan kacang yang banyak biar jerawatnya mateng. Indra mah ho oh wae, lha wong cemilan favorit :)). Tapi gak ada pengaruhnya sama sekali tuh. Ya tetep2 aja tuh jerawat nangkring dengan manisnya di wajah. Terus kalo abis maem rendang, kare dan lain sebagainya apakah temen-temen langsung jerawatan? Gak kan. Cuma ngefeknya sih ke kolesterol meningkat en lingkar pinggang yang makin meluaaaassss….hihihihihi…
  • Sinar UV dapat menghilangkan jerawat -> MITOS : sinar UV emank bisa mengeringkan jerawat dengan cepat tapi tidak menghilangkannya. Pas kelembaban alami kulit kembali normal, maka jerawat akan terlihat lagi dan meradang. Efek sampingnya malah bisa nyebabin flek hitam dan penuaan dini. Cobain deh tuh jerawat dijemur siang-siang gitu. Yang ada malah kita jerit-jerit kepanasan, hihihihi!
  • Jerawat timbul karena kulit kotor -> FAKTA : kotoran yang menempel di pori-pori kulit emank terbukti bisa menyebabkan jerawat. Seperti yang Indra sebutin di atas, kotoran yang bergabung dengan minyak dan bakteri bisa nyebabin jerawat. Oleh karena itu, biasain untuk cuci muka minimal 2x sehari sesuai dengan jenis kulit teman-teman.

PENANGANAN DAN PERAWATAN

Kalo udah terlanjur kena jerawat, yang bisa kita lakukan adalah merawatnya supaya cepat kering dan kempes. Langkah-langkahnya antara lain :

  • Cuci wajah minimal 2x sehari dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit teman-teman. Indra saranin untuk menggunakan facial wash bentuk sabun karena bisa mengangkat kotoran yang sudah bergabung dengan minyak sehingga lebih mudah dibersihkan. Indra rekomendasikan untuk coba Tea Tree Facial Wash (khusus untuk kulit berminyak dan bermasalah) atau rangkaian produk Pure Skin Facial Wash (untuk kulit berminyak)
  • Tetap gunakan pelembab agar wajah tetap terlindungi dan kadar minyak di wajah terjaga. Disarankan untuk menggunakan pelembab dengan jenis lotion atau cream yang ringan. Rekomendasi produk : Pure Skin Shine Control Cream atau Grape Antioxidant Day Cream
  • Sementara hindari penggunaan scrub terutama di bagian wajah yang berjerawat karena butiran scrub yang kasar bisa menyebabkan jerawat “terluka” dan akibatnya bisa semakin parah
  • Gunakan produk-produk perawatan ekstra untuk jerawat, misalnya Tea Tree Oil (untuk diusapkan ke jerawat, berfungsi untuk merawat jerawat), Tea Tree Blemish Solver (untuk mengeringkan jerawat), Pure Skin Hide and Treat (menutupi dan merawat jerawat) dan Pure Skin Spot Treatment Gel Deep Action (menyamarkan noda, mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit)
  • Rutin mengkonsumsi air dan buah-buahan, terutama yang mengandung Vitamin C seperti jeruk, tomat dan pepaya. Harus dirawat dari dalem juga dunk biar makin tokcer perawatan luar yang dipake.
  • Berolahraga, karena dengan berolahraga kotran akan keluar bersama keringat dan menjaga elstisitas kulit. Jogging atau bersepeda keliling kompleks, aerobik atau pilates
  • Sebisa mungkin hindari stress yang berlebihan karena secara tidak langsung dapat memperburuk jerawat
  • Hindari menyentuh jerawat dengan tangan. Kita gak tahu kita abis nyentuh apa dan apa yang terikut di tangan kita. Hindari juga menggaruk jerawat dan daerah di sekelilingnya cz bisa makin memperparah jerawatnya
  • Yang paling penting neh, bersihkan tangan kita sebelum memulai rutinitas membersihkan dan merawat kulit yah. Gak mau kan jerawatnya makin parah atau mungkin nambah hanya gara-gara kita lupa cuci tangan, hehehe!

Nah, ini aja yang bisa Indra share tentang jerawat. Semoga bermanfaat ^_^

Salam,

 

Indra Pradana

Sumber tulisan :

JERAWAT   KORTIKOSTEROID   MITOS JERAWAT   KATALOG ONLINE ORIFLAME

4 comments on “Jerawat Oh Jerawat

  1. Kalo untuk menghilangkan noda bekas jerawat bisa pake Pure Skin Hide and Treat. Kalo Pure Skin Spot Treatment Gel Deep Action lebih cocok dipakai pada saat jerawat mulai muncul sampai jerawatnya ilang, digunakan rutin sampai noda bekas jerawatnya hilang.

    Semoga membantu ^_^

    • keduanya (Pure Skin Hide and Treat dan Pure Skin Deep Action Spot Treatment Gel) bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat sampai tidak berbekas. Pertanyaan yang sebelumnya HANYA menanyakan tentang MENGHILANGKAN NODA BEKAS JERAWAT. Jika tujuannya hanya ingin menghilangkan noda bekas jerawat bisa gunakan Hide and Treat. Jika ingin menghilangkan jerawat hingga tidak berbekas bisa menggunakan keduanya.

      Semoga bisa membantu ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s