Love Your Monday, Love your Days

Hai hai…udah hari Senin neh. Jam segini pasti lagi pada ngantor en sekolah yah, hehehe! Gak pa-pa deh, Indra cuma maw share bagaimana menghadapi hari Senin yang konon katanya gak disukai sampe muncul istilah I HATE MONDAY. Yuk, kita bahas bagaimana bikin kita semangat di hari Senin.

SIAPKAN DIRIMU

Sebisa mungkin hindari terburu-buru dan tanpa persiapan di Senin pagi. Tergesa-gesa dan takut telat bisa bikin mood temen-temen kacau. Nah, untuk mengatasinya coba deh bikin persiapan di malam harinya.  Apa aja yang sebaiknya disiapkan? :

  • Siapin segala hal yang maw dibawa esoknya pada malam harinya (misal, buku, tas, materi presentasi, tugas dan sebagainya). Kemas rapi semuanya dan taruh di tempat yang mudah dijangkau.
  • Siapkan juga pakaian yang maw dipake hari Senin. Biasanya neh yang ribet temen-temen cewek, bisa gonta-ganti baju berulang kali sampe nemu yang pas. Nah, daripada bingung di pagi hari coba deh bersolek malem harinya. Mix and match pakaian yang bisa membangkitkan semangat di Senin pagi.

BANGUN LEBIH AWAL

Masih inget kan pepatah yang bilang kalo bangun siang rejekinya dipatok ayam? Nah, coba deh bangun lebih pagi dari jam biasanya temen-temen bangun. Jam 3 pagi misalnya. Buat temen-temen Muslim, bisa dipake buat sholat malam en sholat subuh berjamaah di mesjid. Gak bisa bangun jam 3? Coba deh cara yang Indra lakukan biasanya : siapin alarm (2 buah HP (buat yang HP-nya lebih dari 1), jam weker), setel di waktu yang berbeda, misal alarm di HP disetel jam 2.30 alarm weker disetel jam 3. Lalu letakkan HP dan alarm di tempat yang agak jauh dari tempat tidur, boleh diletakkan terpisah, misal HP diatas lemari en jam weker ditaruh di meja. Terus, nada alarmnya kasih lagu yang menghentak, misal Jai Ho-nya PCD, It’s My Life-nya Bon Jovi dan sejenisnya. Dijamin temen-temen langsung melek deh ^_^. Bangun pagi juga bisa menghindarkan teman-teman dari kemacetan dan polusi lho. Coba deh hirup udara segar di pagi hari sebelum jalanan dipenuhi kendaraan. Rasanya segaaaaaaaaarrrrrrrr…..sekali!

TINGKATKAN RITUAL MANDI

Kalo biasanya mandi pake sabun yang aromanya biasa-biasa aja, coba deh pake sabun mandi aromatheraphy. Pilih aroma yang membangitkan semangat, misal aroma mint, aroma jeruk ato aroma rempah-rempah. Kalo buat temen-temen cowok, bisa lakukan shaving. Dengan tampil bersih, segar dan wangi bisa nambah semangat temen-temen lho. Males mandi gara-gara air terlalu dingin? Coba deh cuci muka dulu lalu guyur kaki baru deh siram ke seluruh tubuh.Minus (air dingin) ketemu minus (suasana yang dingin) bisa jadi positif (semangat) lho!

SARAPAN

Jangan pernah tinggalkan yang namanya SARAPAN! Sarapan tidak hanya memberikan energi untuk teman-teman beraktifitas. Sarapan juga bisa meningkatkan semangat teman-teman. Sarapan yang sederhana, misalnya 2 potong roti dan secangkir kopi/susu atau semangkuk bubur ayam  udah bisa bikin temen-temen punya asupan energi sampe siang nanti. Boleh juga sekali-sekali makan enak, misal ke resto yang menyediakan menu sarapan. Hal yang paling penting adalah ENJOY YOUR MEAL!

BERSYUKUR

Sudahkah teman-teman mengucap syukur setiap kali bangun pagi atau saat berdoa selesai sholat Subuh? Dengan bersyukur, berarti teman-teman udah “menyuntikkan” energi penyemangat di tiap harinya. Coba deh dipikir, gimana kalo seandainya teman-teman gak bisa bangun dari tidur lagi selamanya? Selesai sudah kan tugas kita di dunia. Saat kita membuka mata dan bernapas saat kita bangun, kita masih dikasih kesempatan untuk hidup dan menunaikan tugas kita di dunia oleh Allah. Rasanya pantas kan kalo kita syukuri hal tersebut.

Coba deh hindari buat status di FB atau tweet di twitter yang isinya tentang keluhan. Siapapun gak ada yang suka denger atau baca yang namanya keluhan. Mengeluh hanya akan membuat Anda merasa hidup Anda susah dan menjadi sulit untuk menghargai hal baik yang sudah terjadi dalam hidup selama ini. Coba deh semangatin temen-temen dengan kata-kata yang ringan dan penuh semangat. Ucapan ringan seperti Selamat pagi, Have a great and nice Monday atau sejenisnya setidaknya bisa memicu senyum dan reaksi positif dari siapapun yang membaca ata mendengarnya. Jangan lupa berikan senyum termanis teman-teman. Satu senyuman bisa menularkan senyuman kepada yang lainnya.

Nah, itu aja yang Indra ingin bagikan buat temen-temen semua. Semoga bermanfaat ^_^V LOVE YOUR MONDAY!

Salam,

 

Indra Pradana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s