Pengalaman di Festival UKM Nasional 2012

Hai teman-teman! Gimana kabarnya? Kali ini Indra mau share tentang pengalaman Indra ketika mengikuti acara Festival UKM Nasional 2012 di Gedung SMESCO UKM Jakarta.

Awalnya Indra tahu acara ini dari teman yang upload posternya di FB. Penasaran, Indra coba buka en masuk ke situsnya. Ternyata event-nya gratis, cukup dengan mendaftar online aja udah bisa. Akhirnya Indra coba isi deh formnya. Selang beberapa hari Indra dapet email konfirmasi kalo Indra udah terdaftar sebagai peserta dan udah langsung dapet domain dan web gratis. Wah, lumayan banget kan! Sekarang yang jadi masalah adalah gimana caranya Indra bisa berangkat kesana. Setelah bongkar tabungan dan nego ma ortu, akhirnya Indra siap berangkat deh ^_^V

Indra dateng di Jakarta hari Jum’at pagi. Setelah survey lokasi dan jalur bus TransJakarta yang bakal Indra naikin, dah siap en tenang deh. Nah, pas siang abis sholat Jum’at Indra nyetel tv dan langsung cenat-cenut. Kenapa? Jalanan di depan Gedung MPR/DPR RI yang notabene adalah jalan yang bakal Indra laluin esok harinya diblokir oleh sekelompok preman yang mengatasnamakan diri mereka “mahasiswa” dan “serikat buruh” yang menolak kenaikan harga BBM. Wes, rusuh banget en bikin miris deh pokoknya. Akhirnya Indra cuma bisa meminta ma Allah supaya besok perjalanan Indra ke Gedung SMESCO lancar tanpa ada gangguan apapun. Dan dikabulkan! Alhamdulillah ^_^V

Besoknya (Sabtu, 31 Maret 2012), Indra siap-siap berangkat ke Gedung SMESCO. Disana kita udah disambut para panitia yang dengan ramah melayani dan menunjukkan alur proses registrasi peserta. Kita dapet 1 eksemplar majalah Marketeers edisi terbaru, ID Card dan sekotak kue. Sebelum masuk, Indra lihat-lihat stand yang ada disana. Dan kebetulan ada stand dari Young Entrepreneur Academy (YEA) yang lagi nawarin buku The Power of Kepepet tulisan Jaya Setiabudi yang kebetulan juga lagi Indra incer untuk miliki. Tanpa pikir panjang Indra beli deh, mumpung dikasih harga yang lumayan miring dari harga toko, hehehe! Abis gitu baru deh Indra masuk ruangan dan bergabung dengan ratusan pengusaha lainnya.

Pas pembukaan, kita diajak untuk nyanyiin lagu kebangsaan kita – Indonesia Raya berhubung acara ini juga didukung oleh Kementrian Koperasi dan UKM. Jujur, waktu itu entah kenapa Indra sampe menitikkan air mata pas nyanyiin lagu itu. Terakhir sih nyanyiin pas Indra wisuda tahun 2009 lalu.  Abis gitu seperti biasa ada sambitan, eh sambutan maksudnya, dari Deputi Menteri. Satu yang Indra ingat, beliau menyatakan bahwa UKM adalah USAHA KREATIF MILYARAN! #CATET

Sesi selanjutnya adalah materi dari Bapak Hermawan Kertajaya, sering disebut sebagai The Marketing Guru dan Founder dan CEO Marketeers. Beliau memaparkan tentang marketing dan evolusinya di dunia saat ini. Sebagai entrepreneur, kita dituntut untuk lebih perhatian (care) kepada pelanggan kita dan lebih aware terhadap segala perubahan yang terjadi di dunia, terutama dunia online saat ini. Selain itu, dengan makin beragamnya usaha sejenis dengan yang kita lakukan, kita perlu yang namanya diferensiasi atau pembeda. Dan kita juga harus memastikan bahwa diferensiasi yang kita miliki itu unik dan otentik. Selain itu karakter positif kita sebagai pengusaha juga perlu ditingkatkan karena sifat pelanggan saat ini seperti wanita (sensitif, cermat dan teliti). Oleh karena itu, beliau bekerja sama dengan ahli ilmu marketing lainnya merumuskan NEW WAVE MARKETING atau MARKETING 3.0 yang menitikberatkan pada manusia. Sebagai informasi, MARKETING 1.0 menitikberatkan pada produk sedang MARKETING 2.0 menitikberatkan pada pelanggan. Teman-teman juga bisa membaca buku-buku beliau dengan membelinya langsung di GRAMEDIA terdekat, hehehe!

Sesi kedua diisi oleh oom Bob Sadino dan inilah yang paling Indra tunggu-tunggu dari semua pemateri yang ada. Beliaulah alasan Indra begitu ngebet untuk dateng ke acara ini. Di acara ini, beliau membicarakan tentang cara goblok jadi pengusaha. Begitu oom Bob naek panggung, beliau langsung menawarkan kami untuk bertanya kepada beliau. Cepet-cepet Indra langsung acungkan tangan untuk bertanya walau aslinya Indra bingung maw tanya apa karena banyak banget yang Indra pengen tanyakan. Untungnya giliran Indra untuk bertanya masih giliran berikutnya walaupun Indra yang pertama kali mengacungkan tangan, hehehehe! Di sesi ini, beliau menyampaikan hal-hal yang perlu disiapkan sebelum kita memutuskan menjadi seorang pengusaha, antara lain : JANGAN TAKUT APA-APA, JANGAN BERHARAP APA-APA dan LEPASKAN BELENGGU PIKIRAN. Di sesi ini oom Bob lebih banyak melayani tanya jawab dari peserta. Ilmunya jadi makin nambah deh karena kita juga belajar dari pengalaman peserta lain dalam menghadapi berbagai masalah yang dihadapi. Satu hal yang selalu Indra ingat dari sesi ini : oom Bob menyuruh kami untuk tidak pernah menyebut usaha yang kami jalankan sebagai UKM dan meminta kami menyebut usaha kami sebagai UBB = USAHA BAKAL BESAR! Karena menurut oom Bob, ungkapan UKM itu justru mengerdilkan kita. Walau nantinya menjadi besar, mindset dan hati kita tetap kecil. Ada benernya juga sih.

Sesi terakhir, kita ada Mario Teguh yang memberikan kita asupan ilmu untuk pikiran kita. Disini beliau memberikan tips-tips sederhana dalam menghadapi hidup dan memulai usaha. Buat teman-teman yang hbi mantengi salah satu stasiun TV yang menayangkan acara beliau mungkin udah banyak yang ngerti yah. Bagi Indra, ini adalah kesempatan langka bisa bertatap muka dan mendengar beliau menyampaikan motivasi kepada kita. Menurut Indra, apa yang disampaikan beliau sangatlah sederhana, namun terkadang kita sendiri yang membuatnya sulit. Sering Indra baca atau dengar kalo teman-teman bilang “hidup tidak semudah omongan Mario Teguh”. Then why don’t we make it simple? Hidup itu mudah kok kawan, sepanjang kita bisa mensyukuri apa yang kita miliki. “Tapi sulit banget”. Benar, itu akan terasa sulit jika kita tidak terbiasa melakukannya. Indra juga awalnya demikian. Oleh karena itu Indra coba biasakan dan akhirnya bisa. Ingat selalu : BISA KARENA TERBIASA.

Nah, itu aja yang Indra ingin bagikan buat temen-temen. Sungguh, Indra bener-bener ngerasa beruntung dan bersyukur bisa ikut berpartisipasi dalam acara ini. Selain dapet ilmu dan semangat baru, Indra juga punya teman dan kenalan baru. Nah, selamat menjadi pengusaha teman!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s